Rabu, 13 Juni 2012

Cara Mengajari Anak Mengenal Abjad Alfabet



Ajarkan anak-anak prasekolah cara sederhana dan menyenangkan untuk belajar menulis abjad alfabet. Bunda dapat membantu anak-anak prasekolah menulis abjad alfabet melalui pewarnaan, dan bermain game bersama. Kegiatan ini sangat penting, karena menjadi modal bagi anak untuk bisa membaca dan menulis di saat memasuki usia sekolah. Terkadang banyak kendala dihadapi dalam mengajar anak mengenali huruf dan abjad alfabet, tetapi dengan mencari cara menyenangkan untuk menulis alfabet bersama-sama, akan membantu anak-anak prasekolah akhirnya bisa menulis abjad sendiri. Berikut tips dan cara mengajari anak mengenal huruf dan abjad alfabet :

Instruksi
  • Mulailah menulis huruf pertama dari alfabet dalam huruf besar dan huruf kecil dalam ukuran yang besar. Tulislah dibalik kertas bekas atau kertas yang tidak terpakai lagi.Misalnya, "A a". kemudian B diikuti menulis b. Ini bertujuan agar anak mengetahui bentuk huruf.
  • Perlihatkan Huruf tersebut kepada anak anda, dan kemudian perdengarkanlah bunyi huruf tersebut kepada mereka. Belajar mengenali bunyi huruf akan membantu anak-anak prasekolah menyimpannya ke memori otak sebelum mereka mulai menulis.
  • Memainkan permainan asosiasi atau persamaan untuk membantu anak-anak prasekolah menghafal abjad alfabet. Misalnya, "singkatan dari A adalah apel."
  • Untuk mengajarinya menulis bentuk huruf, gambarlah huruf dengan garis putus-putus pada sebuah kertas. Kita sebut kertas berpola. Mintalah siswa untuk melacak dan menggarisnya dengan menggunakan spidol atau crayon sampai membentuk huruf yang dimaksud. Biarkan mereka melacak huruf dan abjad alfabet satu per satu, sehingga mereka merasa nyaman dengan bentuk setiap huruf itu.
  • Singkirkan kertas berpola dan berikian kertas kosong. Mintalah anak untuk mencoba menulis abjad sendiri. Gunakan pensil atau spidol warna-warni yang memungkinkan mereka menggambar huruf dengan bentuk secantik mungkin. Anak akan bersemangat untuk berlatih menulis alfabet jika mereka menganggapnya sebagai kegiatan yang menyenangkan.
  • Ingatkan anak-anak akan kata-kata asosiasi ketika mereka lupa akan huruf berikut pada kata yang ingin ditulis. Misalnya, "Huruf yang akan kakak tulis adalah "Bebek" untuk mengingatkan mereka tentang huruf "B."
Praktek.
  • Mendorong anak-anak untuk terus berlatih menulis huruf dengan menelusuri atau mewarnai sendiri sesuai kebutuhan. Biarkan mereka tahu bahwa dibutuhkan waktu untuk mempelajari seluruh alfabet, dan memberitahu mereka seberapa baik yang mereka lakukan untuk memotivasi mereka untuk terus berlatih dengan baik.
  • Baca bersama-sama sesering mungkin. Misalkan membaca dongeng dan cerita anak. Membaca akan memungkinkan anak-anak prasekolah untuk melihat alfabet tertulis dan mulai memahami bagaimana menghubungkan huruf untuk membentuk kata-kata. Membaca akan membantu siswa belajar menulis alfabet lebih cepat dengan melihat  bentuk huruf sesring mungkin.
  • Mencetak atau printlah bahan ajar yang menarik anak, seperti flashcards ABC atau poster berisikan bentuk huruf, lalu tempelkan di kamar anak. ini untuk membantu menanamkan di memori anak dengan selalu melihatnya setiap saat.

SEMOGA TIPS & INFO INI BERMANFAAT ..!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar